Kristal

Doni Saldiro|1 Januari 2009 - 11:20 WIB|Komponen Dasar|Komentar (79)

KristalKristal lazimnya digunakan untuk rangkaian osilator yang menuntut stabilitas frekuensi yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang. Alasan utamanya adalah karena perubahan nilai frekuensi kristal seiring dengan waktu, atau disebut juga dengan istilah faktor penuaan frekuensi (frequency aging), jauh lebih kecil dari pada osilator-osilator lain. Faktor penuaan frekuensi untuk kristal berkisar pada angka ±5ppm/tahun, jauh lebih baik dari pada faktor penuaan frekuensi osilator RC ataupun osilator LC yang biasanya berada diatas ±1%/tahun.

Simbol KristalSimbol KristalKristal juga mempunyai stabilitas suhu yang sangat bagus. Lazimnya, nilai koefisien suhu kristal berada dikisaran ±50ppm direntangan suhu operasi normal dari -20°C sampai dengan +70°C. Bandingkan dengan koefisien suhu kapasitor yang bisa mencapai beberapa persen. Untuk aplikasi yang menuntut stabilitas suhu yang lebih tinggi, kristal dapat dioperasikan didalam sebuah oven kecil yang dijaga agar suhunya selalu konstan.

Tatanan Fisik

Material yang mempunyai bentuk struktur kristalin, seperti quartz, mempunyai satu sifat unik yaitu mampu menghasilkan tegangan listrik ketika diberi tekanan mekanikal dan juga sebaliknya, berubah bentuk mekanikalnya ketika diberi tegangan listrik. Sifat ini dikenal dengan nama efek piezo-electric.

Sifat inilah yang dimanfaatkan untuk menghasilkan resonansi listrik-mekanik, sehingga kristal akan bergetar pada frekuensi alami tertentu jika diberi tegangan listrik bolak-balik. Frekuensi alami ini ditentukan oleh potongan dan dimensi keping kristal, yang ditetapkan pada saat pembuatan.

Karena potongan dan dimensi keping kristal dapat dikontrol secara presisi pada saat proses produksi, maka kristal mempunyai frekuensi getar alami yang sangat akurat. Akurasi kristal umumnya berada pada kisaran ±30ppm, dengan akurasi yang lebih tinggi juga tersedia walaupun harganya tentu lebih mahal.

Potongan keping kristal mengacu kepada orientasi sudut pemotongan keping kristal terhadap garis struktur kristalin, dan juga bentuk keping kristal tersebut. Ada banyak standar potongan keping kristal, yang masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai contoh, potongan AT yang populer mempunyai frekuensi fundamental maksimum yang tidak terlalu tinggi dan koefisien suhu yang cukup baik (berbentuk kurva fungsi kubik). Contoh lain adalah potongan BT, yang mempunyai frekuensi fundamental maksimum yang lebih tinggi tetapi koefisien suhunya lebih buruk (berbentuk kurva parabolik).

Kristal dapat dioperasikan pada frekuensi fundamental atau salah satu dari frekuensi-frekuensi harmonik ganjil (odd harmonics) yang biasa disebut dengan istilah overtones. Frekuensi fundamental maksimum sebuah kristal ditentukan oleh potongan dan dimensi keping kristal. Semakin tinggi frekuensi fundamental sebuah kristal, semakin tipis keping kristal tersebut, sehingga keping kristal menjadi rapuh dan mudah patah. Jadi untuk mencapai spesifikasi frekuensi getar yang lebih tinggi, kristal harus beroperasi menggunakan salah satu overtone yang ada.

Walaupun quartz adalah material yang paling sering digunakan untuk membuat kristal, material lain seperti lithium-niobate, lithium-tantalate, bismuth-germanium oxide dan alumimium-phosphate juga dapat dipakai untuk membuat kristal. Material lain yang juga dapat digunakan adalah sejenis keramik yang terbuat dari padatan timbal, zirconium dan titanium dan material polimer seperti polyvinyl chloride dan difluorpolyethylene.

Rangkaian Ekuivalen

Rangkaian Ekuivalen KristalRangkaian Ekuivalen KristalDari sudut pandang bidang elektronika, tata kerja kristal dapat diilustrasikan melalui rangkaian ekuivalen yang terdiri dari dua buah kapasitor, satu buah induktor dan satu buah resistor.

Induktor L1 (motional inductance) adalah padanan dari massa keping kristal yang bergetar, kapasitor C1 (motional capacitance) adalah padanan dari kekakuan keping kristal melawan getaran dan resistor R1 adalah padanan dari energi yang hilang diserap oleh kristal karena bentuknya mengalami perubahan ketika bergetar. Kapasitor C0 (shunt capacitor) adalah kapasitansi yang terbentuk diantara dua elektroda yang mengapit potongan kristal.

Frekuensi getar alami kristal diberikan oleh persamaan berikut:
Persamaan Frekuensi Getar AlamiUmumnya, nilai induktansi L1 adalah sangat tinggi sementara nilai kapasitansi C1 sangat rendah. Sebagai contoh, sebuah kristal yang mempunyai frekuensi getar 10MHz mempunyai nilai L1 = 0.05H, C1 = 0.0051pF, R1 = 5Ω dan C0 = 6pF.

Rasio antara nilai induktansi L1 dan kapasitansi C1 yang sangat besar, jauh melampaui nilai rasio yang lazim didapat jika menggunakan komponen biasa, sehingga nilai faktor kualitas (Q) dari kristal menjadi jauh lebih tinggi daripada rangkaian LC biasa.

Faktor kualitas sebuah kristal diberikan oleh persamaan berikut:
Persamaan Faktor KualitasNilai faktor kualitas kristal umumnya bekisar diantara 104 sampai dengan 106, bandingkan dengan nilai faktor-kualitas rangkaian LC biasa yang hanya berkisar diangka ratusan.

Kristal dapat diterapkan pada rangkaian resonansi-seri ataupun resonansi-paralel. Pada rangkaian resonansi-seri, kristal bersifat seolah-olah terdiri dari sebuah kapasitor dan sebuah induktor yang dirangkai secara seri. Impedansi kristal akan mencapai nilai terendah, yaitu sama dengan nilai tahanan R1, pada frekuensi getar alami.

Pada rangkaian resonansi-paralel, kristal bersifat seperti terdiri dari sebuah kapasitor dan sebuah induktor yang dirangkai secara paralel. Impedansi kristal akan mencapai nilai tertinggi pada frekuensi getar alami. Perlu dicatat bahwa frekuensi getar alami sebuah kristal yang sama jika beroperasi secara resonansi-paralel adalah sedikit lebih tinggi daripada ketika dioperasikan secara resonansi-seri. Fenomena ini dikenal dengan istilah pulling, yang besarannya tergantung kepada rasio dari C1 dengan C0 dan CL.

Besarnya perubahan frekuensi yang disebabkan oleh faktor pulling ini diberikan oleh persamaan berikut:
Persamaan Faktor PullingKristal biasanya dibentuk sedemikian rupa sehingga lebih optimal jika dioperasikan pada salah satu mode tertentu, baik itu secara resonansi-seri ataupun resonansi-paralel.

Aplikasi Kristal

Osilator ColpittsOsilator ColpittsKristal dapat digunakan sebagai pengganti jajaran resonansi LC untuk hampir semua jenis rangkaian osilator, baik secara resonansi-seri maupun resonansi-paralel. Sebagai contoh adalah rangkaian osilator Colpitts yang menggunakan jajaran kristal dan kapasitor secara resonansi-seri.

Osilator PierceOsilator PierceSatu contoh lain adalah rangkaian osilator Pierce yang menggunakan jajaran kristal dan kapasitor secara resonansi-paralel pada jalur umpan-balik. Osilator Pierce ini sangat populer dan kerap digunakan karena mempunyai karakteristik stabilitas yang lebih superior dibandingkan dengan rangkaian osilator lainnya.

Osilator CMOS InverterOsilator CMOSRangkaian osilator populer lain menggunakan sebuah CMOS inverter yang menerapkan kristal pada jalur umpan-balik dari kaki output ke kaki input. Osilator ini mempunyai prinsip kerja yang serupa dengan osilator Pierce.

Rangkaian osilator klasik ini diterapkan secara luas sebagai sumber frekuensi denyut (clock frequency) pada rangkaian digital dan juga menjadi dasar cara kerja rangkaian osilator terpadu yang biasa digunakan oleh mikrokontroler.

Kedua kapasitor yang terhubung dari kaki-kaki kristal ke ground adalah kapasitor beban (load capacitance) yang perlu untuk berfungsinya rangkaian osilator ini. Nilai total kapasitor beban akan mempengaruhi frekuensi getar sebuah kristal. Efek ini juga disebut pulling, dimana perubahan nilai kapasitor beban (atau mode resonansi, seperti disebutkan diatas) dalam rangkaian osilator kristal akan merubah frekuensi getar kristal tersebut.

Pulling dapat digunakan untuk mengatur frekuensi getar kristal, walaupun hanya dalam rentangan yang terbatas. Biasanya, lembaran data kristal mencantumkan nilai nominal kapasitor beban yang tepat untuk mendapatkan spesifikasi frekuensi getar yang tertera.

Resistor R2 berfungsi untuk membatasi tingkat pasokan daya (drive level) kepada kristal. Tingkat pasokan daya yang terlalu rendah akan menyebabkan kristal gagal berosilasi dan sebaliknya, jika terlalu tinggi akan mempengaruhi stabilitas frekuensi kristal atau malah dapat menyebabkan keping kristal menjadi retak.

Kristal jenis HC49 memerlukan tingkat pasokan daya dikisaran 1mW, sedangkan kristal HC49S atau HC49SM memerlukan sekitar 100µW. Semakin besar dimensi kepingan kristal, akan semakin tinggi pasokan daya yang dibutuhkan. Tingkat pasokan daya juga dipengaruhi oleh frekuensi getar, dimana frekuensi getar yang lebih tinggi akan memerlukan pasokan daya yang lebih besar.

Kemasan Kristal

Kemasan KristalKemasan KristalKristal tersedia dalam berbagai bentuk kemasan. Kemasan yang populer adalah HC49 dan HC49S. HC49S mempunyai bentuk tapak yang sama dengan HC49, tetapi kemasannya lebih pendek. HC49S juga tersedia untuk aplikasi SMD (HC49SM), dengan kaki yang ditekuk rata dibawah dasar yang terbuat dari plastik. Kemasan SMD bentuk lain juga banyak tersedia dipasaran.

Perlu diingat bahwa kristal dengan kemasan yang berbeda akan mempunyai karakteristik yang berbeda pula. Hal ini disebabkan karena dimensi dan bentuk keping kristal tergantung kepada besarnya kemasan. Sebagai contoh, kemasan HC49 biasanya berisikan keping kristal yang berbentuk piringan, sedangkan kemasan HC49S, karena lebih pendek, berisikan keping kristal berbentuk persegi panjang.

Komentar (79)

Feed Komentar

Artikel yang Bagus dan cukup menarik

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai kristal, menurut saya artikel ini bisa menambah pengetahuan para pembaca.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di http://ps-elektronika.gunadarma.ac.id

pertanyaan...

ada yang punya skema osilator 5 GHz...? yhanks

cari xtal frek 63,9151

pada radio 2m ft480r sebuah xtalnya bermasalah frek 63.9151. mungkin ada teman2 yang punya atau apakah ada cara lain solusinya? terimakasih.

cara nentukan besar...

cara nentukan besar kecilnya kristal pada rang sitem minimum gmana....?????

flag kristal

saya mau tanya dong, ada yang tau ga apa artinya flag kristal. mohon bantuannya. trims

type kristal

saya mau cari type kristal z4.0mt tapi belum dapat, untuk type kristal yang sama dengan type z4.0mt apa?

type ekivalen

saya mau cari type kristal z4.0mt tapi belum dapat, untuk type kristal yang sama dengan type z4.0mt apa?

Seneng mainan xtall

hehe kalo yang hobby ngoprek alat elektronika yang berbasis frequency pasti sudah tidak asing lagi neh dengan namanya xtalll..

mas/ om bantu saya...

mas/ om bantu saya dong,,,saya mau buat laporan pkl tentang osilator,,tp saya gg tau harus cari kemana lg,,,bantu ya mas,,,pliss

Probecard

Mas Mau tanya dong... tau ga tentang probecard..??

tanya toko penjual kristal

halo teman2 mau tanya dong toko online yg jual kristal lengkap dimana aja ya...

thanks..

apakah ada perbedaan yang...

apakah ada perbedaan yang mendasar antara xtal 4Mhz dengan xtal 12MHz??
trims...

PENTING

Bagaimana dengan sistem minimum untuk rangkaian osilator yang umum , Kristal jenis apa yang digunakan...?

kira - kira untuk menghasilkan frekuensi 500 Hz dan tegangan sebesar 5 Volt, kristal jenis apa yang digunakan...?

trigger pada SCR

salam hormat
Saya sedang memembuat catu daya yang bisa diatur yaitu dari 0 - 15 Vdc. Pengaturan dilakukan dibagian primer trafo (220 Vac) dengan menggunakan SCR yaitu dengan mengatur gate SCR. Bagaimana skema rangkaian untuk mentriger SCR tersebut. Mohon bantuan kepada siapa saja yang bisa membantu.
Wassalam
Adepatri

ada osilator yng ukuran...

ada osilator yng ukuran 22.1184 gak aku butuh banyak ni udah nyari dimana2 tapi gak dapat kalu ada kasih tau dong E-mail aku halilintar.biru@yahoo.co.id

Kalau tinggalnya di...

Kalau tinggalnya di sekitar Jakarta, anda bisa cari di daerah glodok. Banyak kok yang jual kristal ukuran 22,1184 MHz. Saya ada tp cuma punya 1 bh. (asror23@yahoo.com)

adakah persamaannya...

adakah persamaannya kristal 40.75 mhz....makasih.

gan, butuh crystal 6 Mhz...

gan, butuh crystal 6 Mhz SMD nih,
ada g ya?
kirim email ke fadbairuni@yahoo.co.id

x-tal

dimana beli x-tal 4 mhz dan 27,145 mhz ya? saya sudah coba beli tapi belum dapat. tq

termotivasi

setelah menemukan komunitas ini jadi lebih termotivasi untuk belajar elektro

lagi nyimak dulu

lagi nyimak dulu

kristal 38Khz susah...

kristal 38Khz susah nyarinya nih bisa diganti yang lain gak

Luar biasa

Situsnya luar biasa matab,
Skalian mau tanya, dimana kita bisa pesan Kristal dengan frekuensi sesuai pesanan, yang diperlukan krekuensi 3035 kHz dan 2580 kHz

makasih

help me..

ada yang bisa bantu, cara mengganti lilitan dan capacitor dengan isolator kristal,,

bos klo kipas angin mati...

bos klo kipas angin mati total bagaimana cara memperbaiki ,...ane mo memperbaiki sendiri ...................

problem cordless phone

dirumah ada cordless phone yang budek alias kayak nggak konek dengan receivernya, kira-kira masalahnya apa pada komponen kristalnya ? please, mohon dibantu.

Lengkap dan Informatif

Artikelnya lengkap dan informatif sekali, mohon update artikel yang lain sebagai referensi belajar elektronika. terima kasih

Krinstal Pemancar FM

Ada skema untuk rangkaian FM 98-108 dengan krstall gak gan? mohon di share..

tunjukin saya cara bikin mp3 player dengan menggunakan flasdisc

tunjukin donk bagaimana rangkaian mp3 player dengan menggunakan mp3 player .....

maaf ya kk saya masih newbie..

Osilator menggunakan IC 74hc04 dan 74hc4040

saya bersyukur sekali menemukan situs ulasan kristal ini. sgt berarti utk tugas akhir saya. thx

saya ingin menayakan apakah bisa dlm satu rangkaian osilator cmos inverter dapat menghasilkan 3 frekuensi sekaligus. yakni dgn memparalelkan 3 kristal dgn nilai berbeda dan dipasangkan switch untuk dpt memilih frekunesi yg diinginkan?

saya sudah mncoba mengganti2 nilai kapasitor, tp tdk ada perubahan yg berarti pada frekuensi nya. saya rasa frek hanya diatur oleh nilai kristal. apakah benar begitu?

Merubah frekwensi

Saya ada mainan mobil2an RC dengan frekwensi 27 Mhz, saya udah coba ganti kristal di remotenya dengan 26 Mhz terus saya coba puter2 oscilator di mobilnya tapi gak ada respon. Gimana solusinya nih......
Terimakasih

Terima kasih

Terima kasih sekali dengan artikel di atas saya dapat lebih tahu tentang kristal

mohon dikasih skema...

mohon dikasih skema pengganda/multiplier frekuensi xtal

penggandaan frekuensi kristal

makasi infonya, ni saya pasang kristal 27,145 MHz, tapi keluarannya jadi 54,290 Mhz setelah saya gabung degan rangkaian modulator,, itu penyebabny apa y?? mohon bantuannya.. makasi..

hal yg anda alami adalah...

hal yg anda alami adalah krn tjdnya frekuensi harmonik,bisa n kali frekuensi dasar x tal,misal xtal anda 27,145 bs muncul harmonik di 54,290 mhz,dan kelipatannya...cara menekan harmonisa yaitu dg memasang filter L C.

ucapan thanks

terimakih bagetz gara" situs ini aku lebih tahu soal kristal.............

Dioda

Mau tanya nih,apa arti R157 pada dioda ? dan apakah ada komponen lain dengan nilai yg sama,
terima kasih

Itu nomenklatur tidak...

Itu nomenklatur tidak standar. Sulit untuk ditebak, kecuali anda tahu tipe dan pembuat dioda tersebut.

rakit cdi

mo tny dong...klo buat/rakit cdi motor bs ga...

Bisa. Google aja banyak...

Bisa. Google aja banyak kok contoh rangkaian CDI. Cari yang ada generator tegangan tingginya. Tapi sayangnya daya tahannya kurang, karena dibutuhkan kapasitor khusus dan kapasitor yang ada dipasaran kualitasnya tidak mencukupi.

Kisaran harga

Mo tanya nih, kisaran harga kristal ini berapaan yack? dan yang bagus merk ap?

harga x tal terjangkau...

harga x tal terjangkau ada yg dibawah 5 rb rp ada yg lbh, tergantung kwalitasnya

Untuk frekuensi, toleransi...

Untuk frekuensi, toleransi dan stabilitas standar dalam kemasan HC49S dibawah sepuluh ribuan. Merek bagus banyak, contohnya: Citizen, Abracon, CMAC, ECS. Saya biasanya pakai Abracon, soalnya pilihan variasinya paling banyak.

menarikk...

lg browsing,,eh, ktmu artikel ini..lgsg trtarik dech....
btw, sy lg btuh fused quartz SiO2 dengan transducer pizoelektrik untuk pembangkitan frekuensi dari 0-30 MHz yang merupakan sumber getaran frekuensi tinggi..mngkin anda bisa membantu, dmna sya bisa mendapatkannya..makasih..

1. terimakasih atas...

1. terimakasih atas penjelasan tentang Kristal, tetapi saya kesulitan untuk mendapatkan kristal 9,00MHz yang rusak apakah dapat membantu?
2. saya mempunyai IC Micro UPD650C135 rusak, yang berfungsi untuk mengatur frekuensi apakan dapat membantu saya mendapatkan alat untuk Copy IC tersebut atau dikloning? karena mencari penggantinya kesulitan.
terimakasih

salam terbaik,
dony

wah setelah cari mencari...

wah setelah cari mencari akhirnya ku menemukan situs yang sejenis! maju terus elektronika Indonesia!
Salam kenal

Elektronika

Elektronika merupakan ilmu yg menarik untuk didalami. Tdk bisa dipungkiri bahwa kemajuan tegnologi dikarenakan berkembangnya ilmu serta penerapan elektronika.

tolong berikan penjelasan...

tolong berikan penjelasan tentang IC CMOS dan IC TTL

banyak ilmu banyak tau

ak suk elektronika dan web ini menarik sekali buat disimak pagi elektronika mania. mohon di ceritak juga tentang pemograman mikrokontroler .

terimakash

benar2 stabil

benar2 stabil

material kapasitor

mau tanya, bahan pembuat kapasitor apa saja?
Terima kasih

saya mau tanya tentang...

saya mau tanya tentang televisi,mode service televisi sharp apa saja ? terimakasih

Forum

Terima kasih atas tanggapan anda terhadap artikel ini.

Pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan artikel diatas, sebaiknya ditanyakan di Forum Elektronika Online. Karena lebih banyak dikunjungi oleh anggota-anggota lain yang mungkin mempunyai pengalaman serupa dan tahu solusi yang lebih tepat.

---------------------------
Tim Elektronika Online

kapasitor

Permisi mas, mo tanya nih...,
saya punya motherboard PC yg kapasitornya ada yg bengkok gara2 kesenggol tangan waktu masang VGA card, tapi PC masih bs hidup normal menurut saya,
motherboard menggunakan solid capasitor padat,
letak kapasitor di dekat baterai motherboard,
posisi bengkok miring 45' (dr posisi semula) dgn kedua kaki msh tertancap pd motherboard,
pertanyaannya apakah ada pengaruh buruk dr kapasitor yg bengkok itu,
apa berpengaruh buruk pada kinerja motherboard?
Tolong penjelasannya, Terima kasih...

Forum

Terima kasih atas tanggapan anda terhadap artikel ini.

Pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan artikel diatas, sebaiknya ditanyakan di Forum Elektronika Online. Karena lebih banyak dikunjungi oleh anggota-anggota lain yang mungkin mempunyai pengalaman serupa dan tahu solusi yang lebih tepat.

---------------------------
Tim Elektronika Online

minta pengalaman

bagai mana memanas kan bagian kaki cipset yg retak tampa melepas dahulu cipset ter se but?. sudah saya coba di masuk kan cairan flux di bawah bagian kaki cipsret lalu di panas kan dengan solder uap per tama hasil nya bagusdan hidup,tetapi qulitas nya tidak lama dan mati kembali .ternyata penyakit nya dari solderan retak bagian cipset ter sebut lalu harus di panas kan lagi ,pertanyaan nya:harus dengan cairan apa yg bagus biar hasil nya awet sebaba rata2 selalu masalah nya bagian retak solderan kaki cipset .adakah cairan yang bagus dan beli di mana?

Forum

Terima kasih atas tanggapan anda terhadap artikel ini.

Pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan artikel diatas, sebaiknya ditanyakan di Forum Elektronika Online. Karena lebih banyak dikunjungi oleh anggota-anggota lain yang mungkin mempunyai pengalaman serupa dan tahu solusi yang lebih tepat.

---------------------------
Tim Elektronika Online

mau tanya

cari cairan yang bagus selai cairan flux .untuk memasang cipset yg solderan nya retak

Flux

Singkatnya, tidak ada cairan lain untuk menyolder selain flux.

kaki kapasitor patah

mo tanya nih,
salah satu kapasitor d motherboard PC ku ada yg patah kakinya. Tapi komputerku masih bs jalan.
Tapi tetep aja ati ini g tenang, kira2 efeknya apa yah bro? trz apa bs berakibat penurunan performa? mohon penjelasannya, thanks...

Kapasitor di motherboard

Tergantung kapasitor yg mana. Kebanyakan, kapasitor besar di motherboard untuk meratakan catu daya dari SMPS. Seperti yang berada disekeliling prosesor.

Kapasitor ini biasanya diparalel, jadi kalau ada satu yang rusak, masih ketolong dengan yang lain. Kecuali kalau arus yang digunakan mendekati maksimum, kualitas catu daya jadi berkurang.

Apa nggak bisa disolder lagi?

mo tanya ni

gimana sih rangkaian osilator kristal untuk sistem minimum mikroprosesor z80? fungsi osilator dalam sistem minimum tersebut apa y? kalo biza tolong kirim jawaban pertanyaanku beserta gambar rangkaiannya k e-mail ku secepatnya, tolong bantu aku ya,1 makasih

Z80 kristal osilator

Rangkaian osilator menggunakan kristal untuk Z80 harus menggunakan gate TTL, seperti 74LS04, karena Z80 tidak mempunyai rangkaian osilator internal.

Untuk detil rangkaiannya dapat dilihat di situs berikut: http://www.geocities.com/siliconvalley/peaks/3938/uexosc.htm

Gunakan rangkaian kedua, series-resonant yang menggunakan 74LS04.

- edit -

- edit -

"Maaf, sesuai dengan Syarat & Ketentuan penggunaan situs ini, kami tidak mengizinkan pos yang bersifat komersial/iklan tanpa persetujuan terlebih dahulu."

Terima kasih

Tim Elektronika Online

Terima-kasih atas...

Terima-kasih atas pengetahuan yang diberikan melalui web ini.

X tal

saya tertarik dengan osilator x tal C mos. bisa gak dijelaskan persamaan R, C Voltase dan X tal berhubungan dengan f-out nya makasih

Osilator CMOS

Untuk mencapai frekuensi yg tertera:

Cload dari dataheet = ((C1*C2)/(C1+C2)) + Cstray

Sedangkan untuk R2 biasanya hanya dipilih dari tahanan dimana osilasi mulai terjadi dikurangi safety margin yg cukup (sekitar 0-1kohm untuk kristal HS dengan kemasan HC49). Untuk nilai yg lebih akurat, dapat ditentukan dari tahanan negatif sistem tersebut (terlalu panjang untuk diterangkan disini, dapat dicari di internet jika anda tertarik).

Untuk R1 digunakan tahahan yg cukup tinggi, sehingga tidak terjadi umpan balik yg berlebihan (sekitar 1Mohm).

Nilai tahanan diatas adalah kompromi antara kemudahan mulai berosilasi dan pertimbangan ketahanan, konsumsi daya dan aging. Karena osilator CMOS hampir tidak pernah digunakan untuk osilator dengan presisi sangat tinggi, maka perancang lebih condong untuk memakai nilai tahanan yang aman.

Untuk kristal daya rendah (seperti kristal jam 32,768kHz), diperlukan R2 yg lebih besar, yaitu dikisaran 200-300kohm.

Voltase (variasi voltase) akan mempengaruhi frekuensi sesuai dengan yg tertera di datasheet (frequency-voltage coefficient).

sangat terbantu dengan...

sangat terbantu dengan tulisan ini terimakasih banyak.
tapi say sangat binggung dengan artinya dan cara baca ini, mungkin agak lari dari pembicaraan ,ini buat tugas akhir saya :
relay bit p1.6

sensor_air bit p3.0

dat_sts data 20h

;Wiper Otomatis
;Tanggal 22-05-2009

org 00000h
prog: setb relay

main: setb relay
jnb sensor_air,main
clr relay
setb rs0
mov r0,#50
loop0: mov r1,#200
loop1: mov r2,#200
loop2: djnz r2,loop2
djnz r1,loop1
djnz r0,loop0
clr rs0
setb relay
ajmp main

nop
nop

mohon dengan sangat bantuan para teman-teman .terimakasih banyak

relay bit p1.6 ---> Port 1...

relay bit p1.6 ---> Port 1 bit ke-6 digunakan utk relay

sensor_air bit p3.0---> Port 3 Bit ke-0 digunakan untuk sensor air

dat_sts data 20h---> dan alamat RAM internal 20h digunakan utk
simpan status data.
;Wiper Otomatis----> tdk digunakan karena menggunakan tanda " ; "
;Tanggal 22-05-2009--> tdk di gunakan hanya sebagai keterangan

org 00000h--> Alamat awal program pada memori internal
prog: setb relay---> Subrutin prog akan memberikan logika "1" pada
pin relay
main: setb relay--> Subrutin main akan matikan relay
jnb sensor_air,main--> lompat ke subrutin main jika sensor air tidak
berlogika "0"
clr relay--> jika sensor berlogika "0" aktifkan relay
setb rs0-->berikan logika "1" pada rs0
mov r0,#50--> isi register R0 dengan nilai 50
loop0: mov r1,#200
loop1: mov r2,#200
loop2: djnz r2,loop2
djnz r1,loop1
djnz r0,loop0
clr rs0
setb relay--> matikan relay
ajmp main--> lompat ke subrutin main

nop--> no operation ( jeda)
nop--> ---> idem

Terima kasih dan coba tanyakan di forum

Terima kasih atas tanggapan anda terhadap artikel ini.

Untuk program yang anda tanyakan, sebaiknya anda mencoba menanyakan di Forum Elektronika Online, karena lebih banyak dikunjungi oleh pengguna lain sehingga mungkin akan lebih cepat terjawab.

---------------------------
Tim Elektronika Online

support n tanya dioda

saya sangat senang sekali klo trus diupdate site elektronikaonline ini. btw saya ada pertanyaan : Dimana kita bisa beli komponen dioda crystal, soalnya dah nyari ga ketemu, mungkin bs kaci tau tempat / toko penjualnya, thx....

Dioda germanium

Terima kasih atas dukungan anda.

Untuk dioda kristal, coba tanya dioda germanium, nomernya tidak terlalu penting. Beberapa yg populer adalah OA47, OA81, OA91, OA95, 1N34, 1N42, 1N60, 1N270, 1N277, AA119. Memang sekarang sudah jarang yg jual, karena jrg dipakai.

pa. mohon informasinya...

pa. mohon informasinya saya mau beli Diode 1N277,

Apresiatif

Saya sangat mendukung dan apresiatif terhadap website elektronika ini. Tentunya dengan feature forum maupun artikel yang mulai berkembang dan berbobot. Salut buat Admin untuk website ini, semoga bisa semakin ramai dikunjungi oleh elektro mania

artikel lain

kunjungi blog kami di galaludulidilidol.wordpress.com
ada artikel tentang Audio modem dengan TCM3105
sebagai pelengkap.

bagussss

kl bisa sering di update gituuuu..........

Menarik dan informatif.

Menarik dan informatif. Kapan nih artikel lainnya diterbitkan? Kalau bisa mungkin membahas bidang lain yang lagi nge-trend saat ini, seperti microcontroller.

Trims.

Terima kasih atas tanggapan anda

Terimakasih atas tanggapan anda. Kami merencanakan akan menerbitkan artikel-artikel secara teratur. Kami, pada saat ini, juga sedang sibuk dengan aktifitas optimisasi fitur-fitur situs EO dan juga persiapan peluncuran forum EO.

Tentu saja pada saatnya nanti, kami akan memuat tulisan dan proyek tentang mikrokontroler. Kami harap anda akan tetap mengunjungi situs EO ini, dan berkembang bersama kami. Terima kasih.

Tim Elektronika Online.

Tulis komentar baru

Data ini tidak akan ditampilkan atau disebarluaskan.
Image CAPTCHA
Salin huruf-huruf digambar diatas.